Halaman

Cara Memilih Bengkel Modifikasi



Tips supaya nggak salah masuk Bengkel Modifikasi kira-kira kayak ini:

1. Jangan mudah percaya dari omongan ataupun bacaan yang merekomendasi sebuah bengkel modifikasi tanpa kamu sendiri kenal dekat dulu ama yang punya tempat. minimal satu kota yang bisa kamu continue kunjungi.

2. bengkel yang benar belum tentu yang tiap hari ramai dikunjungi pasien, atau sering di tampilin di media masa..meski kerjaannya sering menang kontes (biasanya motor sendiri yang dimodif atau teman dekatnya) kalo bagus buat kalangan teman sendiri,namun buat orang lain belum tentu dibagusin. dijamin hasil kerjanya ngawur!

3. Tak kenal maka tak sayang. makin kenal makin sungkan kalo mau nipu..makanya buat ngetes bengkel modifikasi itu bisa dipercaya atau tidak, kasih order yang ringan-ringan dulu. seperti minta sambungin bodi plastik yang pecah atau betulin rem yang ngadat dulu. kalo kerjaannya benar, bisa next trial berikutnya..he..he.. agak kejam gak popo!

4. Sebaiknya jangan kasih uang muka terlalu besar dari yang disepakati. intinya cuma tanda jadi bukan uang untuk beli bahan kerja. sebaiknya minta kwitansi dengan tanda tangan dan materai, ada tanggal jadi dan tanggal selesai yang disanggupinya (resmi banget emang nyang penting hati adem)

5. Pastikan sebelum memodifikasi mobilmu kamu punya sket konsep yang dipenginin. bisa digambar sendiri, minta modifikatornya yang gambarin, karena tanpa sket, kerja dan hasilnya bisa jauh melenceng..ujung-ujungnya beli bahan bengkak dan ongkos kerja bisa-bisa ditarik yang punya bengkel lagi..tuh berabe khan!

6. Sediakan waktu tiap tiga hari sekali mengecek ke bengkel modifikasinya. cek terus hasil kerjaannya yang kurang baik, tapi jangan nyolot lho!

7. Setelah jadi, agak cerewet dikit gak papa asal jangan kelewatan. kritik kerjaannya yang kurang benar, dan pastikan dapat garansi. biasanya kalo bengkel modifikasi yang benar pasti menyilahkan hasil kerjaanya diperbaiki jika dikemudian hari ada troubel (asal jangan sering bolak-balik).

8. jangan lupa minta kembali barang-barang yang sudah diganti dengan barang variasimu.

oto2.wordpress.com
Baca Selengkapnya »»  

Car Memilih Bengkel Modifikasi



Tips supaya nggak salah masuk Bengkel Modifikasi kira-kira kayak ini:

1. Jangan mudah percaya dari omongan ataupun bacaan yang merekomendasi sebuah bengkel modifikasi tanpa kamu sendiri kenal dekat dulu ama yang punya tempat. minimal satu kota yang bisa kamu continue kunjungi.

2. bengkel yang benar belum tentu yang tiap hari ramai dikunjungi pasien, atau sering di tampilin di media masa..meski kerjaannya sering menang kontes (biasanya motor sendiri yang dimodif atau teman dekatnya) kalo bagus buat kalangan teman sendiri,namun buat orang lain belum tentu dibagusin. dijamin hasil kerjanya ngawur!

3. Tak kenal maka tak sayang. makin kenal makin sungkan kalo mau nipu..makanya buat ngetes bengkel modifikasi itu bisa dipercaya atau tidak, kasih order yang ringan-ringan dulu. seperti minta sambungin bodi plastik yang pecah atau betulin rem yang ngadat dulu. kalo kerjaannya benar, bisa next trial berikutnya..he..he.. agak kejam gak popo!

4. Sebaiknya jangan kasih uang muka terlalu besar dari yang disepakati. intinya cuma tanda jadi bukan uang untuk beli bahan kerja. sebaiknya minta kwitansi dengan tanda tangan dan materai, ada tanggal jadi dan tanggal selesai yang disanggupinya (resmi banget emang nyang penting hati adem)

5. Pastikan sebelum memodifikasi mobilmu kamu punya sket konsep yang dipenginin. bisa digambar sendiri, minta modifikatornya yang gambarin, karena tanpa sket, kerja dan hasilnya bisa jauh melenceng..ujung-ujungnya beli bahan bengkak dan ongkos kerja bisa-bisa ditarik yang punya bengkel lagi..tuh berabe khan!

6. Sediakan waktu tiap tiga hari sekali mengecek ke bengkel modifikasinya. cek terus hasil kerjaannya yang kurang baik, tapi jangan nyolot lho!

7. Setelah jadi, agak cerewet dikit gak papa asal jangan kelewatan. kritik kerjaannya yang kurang benar, dan pastikan dapat garansi. biasanya kalo bengkel modifikasi yang benar pasti menyilahkan hasil kerjaanya diperbaiki jika dikemudian hari ada troubel (asal jangan sering bolak-balik).

8. jangan lupa minta kembali barang-barang yang sudah diganti dengan barang variasimu.

oto2.wordpress.com
Baca Selengkapnya »»  

Jika Kunci Immobilizer Hilang?



Bisa dibilang, fitur anak kunci yang terintegrasi dengan immobilizer atau Immobilizer Keys, saat ini adalah yang teraman. Setidaknya untuk di dalam negeri. Karena itu, aplikasi sistem immobilizer keys pintar ini, mulai banyak diaplikasikan ke mobil-mobil kelas menengah dan bawah, yang notabene paling banyak jadi incaran tindak kejahatan pencurian di sini.

“Sistemnya pengamannya sendiri ada 3, pertama dari gerigi besi kuncinya, alarm dan modul immobilizer-nya,” ujar Raymond Lie, spesialis immobilizer keys dari toko kunci Komandan Key, seraya bilang kunci model ini terintegrasi pula dengan ECU mobil.

Sistem immobilizer keys menggunakan sepasang chip komputer yang terletak pada kunci, yang mensinkronisasikan kode-kode password ke ECU mobil, via sensor transponder yang ada di sekitar selonsong (lubang kunci), untuk selanjutnya menyalakan mesin mobil.

Artinya, mobil hanya dapat dihidupkan, apabila kode elektronik pada chip dalam kunci mobil cocok dengan kode elektronik dalam ECU mobil. “Kalo enggak sama kodenya, ECU enggak bakalan kasih bensin ke mesin,” kata Raymond lagi.

Namun meskipun terbilang aman, tapi ada saja permasalahan krusial yang akan dihadapi pemilik immobilizer keys, terutama jika immobilizer keys tersebut hilang dan tak ada serapnya. “Mau enggak mau harus ganti semua hardware yang berhubungan sama sistem kunci itu,” panjang warga Mangga Besar, Jakarta Barat, itu.

Sekadar gambaran, selain mengganti dengan anak kunci dan selongsong kunci di kolom setir, pemilik juga harus mengganti ECU mobil dengan yang baru. Fungsinya agar semua sistem bisa di-reprogram, dan kunci yang lama sudah tak bisa lagi digunakan ke mobil bersangkutan.

“Kalo di ATPM, untuk urusan kayak begini, paling enggak harus keluar duit sekitar Rp 15-20 jutaan tergantung mobilnya,” sebutnya lagi.

Tapi usah khawatir! Sebab problematika krusial itu kini bisa diselesaikan dengan jalan yang lebih mudah dan murah.

“Cukup modifikasi selongsong-selongsongnya (di kolom setir dan pintu-pintu, Red) terus bikin kunci baru,” terang Raymond, sambil menambahkan hal ini juga mensyaratkan reprogram untuk sistem di ECU karena chip immobilizer keys -nya baru, dan bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Untuk paket ini, Raymond memberikan harga pasaran di rentang Rp 1-2 juta tergantung mobil.

Selain itu, Raymond juga menyarankan pembuatan kunci cadangan immobilizer keys buat yang tak ada serapnya. Untuk yang ini, “Tinggal samain data yang ada di kunci ke ECU,” ucap Raymond yang sekolah khusus immobilizer selama 6 bulan.

Tapi sedikit catatan, penggandaan kunci ini mesti disyaratkan menyertakan BPKB dan STNK, untuk menghindari kesalahpahaman. Dan rentang harganya Rp 1,3 sampai 3 jutaan tergantung jenis mobil.

Lantas karena immobilizer keys biasanya terdapat casing yang berfungsi untuk menempatkan chip dan alarm, maka akan rentang pecah jika jatuh atau tertindih. Untuk masalah seperti ini, silakan mengganti casing-nya saja dengan menyiapkan dana Rp 450 ribu.

otomotifnet.com
Baca Selengkapnya »»  

Pemerintah Mulai Kaji Bangun Jalur Pipa Gas di Kota



Pemerintah akan memperkuat sistem distribusi gas bumi dengan membangun jaringan pipa gas (Pipe Distributor) di sejumlah kota di Tanah Air. Hal ini disampaikan Kepala Kepala Badan Pengatur Kegiatan Hilir Migas Tubagus Haryono dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (11/11) di Jakarta.

Tubagus menjelaskan, hasil kajian pembentukan kota gas (pipe distributor) tahun 2009 masih dalam proses. Beberapa kota yang sedang dikaji adalah Pekanbaru, Muara Enim, Bandar Lampung, Cilegon, Subang, Bojonegoro, Bangkalan, Tenggarong, dan Sengkang.

Menurut hasil kajian, ada 27 kota yang berpotensi menjadi kota gas karena dekat dengan sumber gas (pipe distributor). ”Penggunaan gas kota bagi konsumen rumah tangga jauh lebih murah dibandingkan jika memakai minyak tanah dan elpiji,” ujar Tubagus.

Dari hasil kajian, gas di Kota Tarakan, misalnya, harga jualnya sesuai keekonomian untuk rumah tangga, yakni Rp 3.287 per meter kubik. Adapun harga minyak tanah nonsubsidi Rp 6.620 per liter, harga elpiji 12 kilogram Rp 9.583 per kg, dan harga elpiji bersubsidi tabung 3 kg sebesar Rp 4.670 per kg.

Pembangunan jaringan distribusi gas kota (pipe distributor) untuk Kota Tarakan, Depok, Bekasi, dan Sidoarjo direncanakan tahun 2010,” kata Tubagus. Pada tahun ini, pihaknya memperkirakan ada 9 kota gas yang akan direalisasikan.

Kebutuhan dana pembangunan kota gas sekitar Rp 2 triliun. Kebutuhan setiap daerah tidak sama. Untuk Jambi, misalnya, butuh Rp 200 miliar yang diperkirakan akan kembali dalam 3 tahun. Ada juga daerah yang hanya menelan dana Rp 90 miliar.

Sebelumnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Evita Legowo mengatakan, aksesibilitas rakyat terhadap bahan bakar gas yang bersih akan meningkat.

Rencananya, total sambungan rumah dalam jaringan gas kota (pipe distributor) akan mencapai 80.000 rumah tangga tahun 2014.

bisniskeuangan.kompas.com
Baca Selengkapnya »»  

Beli BBM untuk Mesin Genset Susah



Larangan pembelian bahan bakar minyak dengan jeriken di stasiun pengisian bahan bakar umum cukup menyulitkan masyarakat dan pengusaha mendapatkan bahan bakar untuk Mesin genset. Padahal, pemadaman listrik kerap terjadi, masyarakat dan dunia usaha harus tetap bergerak.

”Saya ke SPBU bawa jeriken untuk beli bensin langsung ditolak petugas. Mereka tidak bisa melayani jeriken karena takut dilaporkan ke aparat,” kata Risti, penjaga minimarket di Pesanggrahan, Jumat (13/11).

Karena toko harus segera buka, seorang karyawan berinisiatif menyedot bensin dari tangki sepeda motor. Tiga liter bensin dialihkan ke mesin genset.

Muhammad Zein, supervisor Risti, menambahkan, sejak pemadaman bergilir sering dilakukan PLN, tokonya membeli mesin genset berkekuatan 2.500 watt. Mesin genset itu perlu 5 liter bensin agar bisa menyala delapan jam.

”Repotnya, sekarang susah cari bensin eceran untuk isi mesin genset. Kami cari sampai ke Pamulang, Tangerang, sekitar 10 kilometer dari sini. Soalnya di Jakarta kan SPBU tidak boleh melayani pembelian jeriken,” kata Zein.

Iriawan (37), pengelola SPBU di Jalan Ciledug Raya, mengatakan, SPBU hanya melayani pengisian untuk kendaraan bermotor. Pembelian dengan jeriken dilarang, apalagi untuk memasok penjual bahan bakar eceran.

”Kalau untuk isi mesin genset, memang banyak karyawan toko bolak-balik beli dengan sepeda motor nanti disedot. Mau bagaimana lagi, daripada kami disalahkan?” kata Iriawan.

Pompa baterai

Pemadaman listrik bergilir mendongkrak penjualan pompa baterai. Pompa dibutuhkan untuk menghasilkan arus air di akuarium agar ikan tetap mendapatkan pasokan oksigen.

Cecep, pedagang aneka aksesori akuarium di Pusat Promosi Ikan Hias Taman Pariwisata DKI di Jalan Sumenep, Menteng, mengatakan, pompa baterai mulai dilirik pembeli sejak tiga pekan terakhir.

”Dalam seminggu, sekitar 10 buah pompa baterai laku terjual. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 45.000 per buah,” kata Cecep, Minggu.

Pembeli pompa baterai adalah penggemar ikan hias yang kerap terkena pemadaman listrik bergilir. ”Sebagian besar pemilik ikan hias yang mahal harganya pasti punya pompa baterai untuk menghindari kemungkinan ikan mati lantaran kekurangan oksigen saat listrik padam,” tutur Cecep.

Fadli, pedagang ikan hias di Jalan Sumenep, mengakui ada kebutuhan memakai pompa baterai. ”Sekarang ada saja giliran listrik padam. Karena itu, pompa baterai harus ada untuk jaga-jaga,” ucap Fadli.

megapolitan.kompas.com
Baca Selengkapnya »»  

Kusen Pintu Cor Mulai Disukai Masyarakat

Kusen Pintu Cor yang Ngetren

Harga kayu mahal? Itu bukan masalah jika anda mau mengganti Kusen Pintu atau jendela rumah. Sebab, sekarang ada kusen cor. Selain lebih murah dan kuat ketimbang kayu, kusen pintu yang terbuat dari adonan koral, semen, dan pasir ini pun tak ketinggalan model. Bahkan dengan sentuhan kreativitas perajinnya, kusen pintu cor ini cocok untuk rumah mewah sekali pun.

Kusen cor ini diproduksi oleh para perajin kayu di Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Mereka membuat kusen cor tersebut lantaran harga kayu yang semakin tinggi. Tapi ternyata kusen pintu alternatif itu banyak digemari. Permintaannya bukan hanya dari sekitar Jawa Tengah, melainkan juga hingga Jawa Timur, seperti Madiun dan Surabaya.

Maklum jika kusen pintu cor jadi ngetren. Soalnya, kusen pintu ini jauh lebih murah ketimbang kusen yang terbuat dari kayu jati, bengkirai, ataupun kamper. Lihat saja harganya, untuk kusen cor pintu tunggal berukuran 80 x 200 sentimeter tanpa variasi harganya Rp 50 ribu per unit, sedangkan kusen pintu kayu bengkirai mencapai Rp 150 ribu per unit. Kemudian, kusen cor gendong (kusen pintu dan dua jendela jadi satu) harganya Rp 180 ribu per potong. Sementara itu kusen kayu bengkirai harganya bisa sampai Rp 500 ribu per potong.

Adapun harga kusen cor gendong dengan tiga jendela Rp 210 ribu, sedangkan dari kayu bengkirai Rp 700-an ribu. Untuk kayu jati, harganya lebih mahal lagi karena harga per meter kayu jati jadi saja sudah Rp 60-an ribu. Dari harga yang dipatok, di luar tenaga, perajin bisa memperoleh keuntungan sebesar 50%, kata Kabul, perajin kusen cor yang memiliki tiga orang karyawan.

Dalam sebulan seorang perajin kusen pintu bisa menjual 15 sampai 30 potong dari berbagai jenis kusen cor. Pembelinya pun tersebar di berbagai kota, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Yogyakarta, Magelang, Semarang, Solo, Salatiga, Temanggung, Madiun, dan Surabaya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Seperti umumnya barang baru, awalnya kusen pintu cor ini sulit dipasarkan. Pembeli masih ragu-ragu dengan produk tersebut. Tapi setelah ada satu-dua orang tetangga yang memakainya, yang lain lantas mengikuti. Dan akhirnya justru semakin banyak yang memesan.

Maklum, selain harganya murah, kusen pintu cor banyak memiliki kelebihan dibanding kusen kayu, di antaranya tak akan dimakan rayap, tidak lapuk, dan lebih tahan air ataupun panas matahari. Produknya pun tidak ketinggalan model. Perajin yang kreatif membuat kusen beragam model dari mulai rumah bergaya Jawa, Spanyol, klasik, sampai rumah mewah.

Namun di balik kelebihan itu, ada juga kekurangannya. Kusen pintu cor ini lebih berat ketimbang kusen kayu. Maka untuk memasang kusen cor ini butuh orang lebih banyak. Di samping itu, dinding di sekeliling tempat pemasangannya harus benar-benar pas dan sesuai dengan kusennya.

Sepertinya, hal itu bukan kendala. Buktinya, penggunaan kusen cor ini kini kian mewabah di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

majalahtrust.com
Baca Selengkapnya »»  

Membangun atau Bikin Website Pribadi


Bagi Anda yang pengen punya bikin website sendiri, tetapi masih ada kendala keuangan, minim pengalaman bikin website, ga tau menahu apa itu web programming, atau background Anda bukan IT, mungkin cara berikut akan sedikit membantu Anda untuk mewujudkan “keinginan” Anda untuk mempunyai / membuat website sendiri, GRATIS…

Bikin website itu mudah, biar gampang dimengerti, membuat website sama halnya jika Anda mau membuat / membangun sebuah bangunan. Sebelumnya, Saya ingin memaparkan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk bikin website (bangunan Anda) :

1. Domain, apa itu domain? domain adalah alamat bikin website Anda, atau sering disebut dengan URL. Analoginya, jika Anda mau bangun rumah, Anda harus punya alamat bukan? contoh : “Jl Semrawut no 13 Jakarta Pinggiran” ini adalah domain rumah Anda pada dunia nyata. Maka, untuk punya “rumah” di dunia maya (internet) Anda juga perlu punya alamat / domain (e.g. namasaya.com, sayakeren.net, dkk). Untuk domain gratis, Anda bisa daftar di www.freedomain.co.nr / dot.tk / co.cc / uni.cc

2. Hosting, setelah punya alamat (domain), Anda harus punya lahan / tanah yang sesuai dengan alamat Anda untuk bisa diisi sesuatu (akan dibangun sesuatu). Di internet, tanah tersebut dinamakan “hosting”. Anda bisa mendapatkan hosting bikin website ini sepaket dengan domain, disini diasumsikan terpisah. Berdasarkan pengalaman Saya, hosting yang bagus, cepat, space besar, stabil, fitur kumplit, dan tentu saja… GRATIS hehehe.. yaitu disini.

3. Content, setelah punya “lahan” dan “alamat”, maka Anda siap membangun bangunan yang Anda inginkan. Bangunan inilah yang disebut (Content). Jadi, orang-orang atau kerabat Anda tidak bingung jika mampir ke “alamat” yang Anda berikan ternyata masih berupa “lahan kosong” tanpa bangunan. Untuk itu, perlu diisi / dibangun sebuah bangunan bukan? Di dalam dunia maya, content ini bisa bermacam-macam, ada website, blog, e-commerce, dkk. Saya rekomendasikan bagi Anda yang mau bikin website pribadi bisa pake wordpress atau joomla!.

4. Tools, supaya ketiga langkah diatas sukses, tentunya Anda butuh suatu “alat” untuk membangun bangunan Anda kan? bisa pake mesin traktor atau alat berat lainnya untuk merealisasikan bangunan Anda. Untuk kasus ini, “alat” tersebut digunakan untuk meng-upload content yang telah Anda persiapkan ke hosting bikin website Anda. Misal Anda mau pake wordpress sebagai content dan mau meng-upload content tersebut, maka Anda butuh aplikasi / tools FTP Client. Tools ini sering dinamakan “FTP Application”. Bisa didapatkan disini.

Yak, Sekian dulu, jika masih bingung kasih comment aj ya… hehehe… terima kasih. Maju terus IT Indonesia!!!

http://bangsanegara.web.id/

Baca Selengkapnya »»