Halaman

Cari Kaca Spion Motor



Kaca spion motor sangat berfungsi sekali untuk melihat kendaraan yang ada di belakang anda agar anda dapat mengatur laju motor anda dengan baik, berikut ada beberapa tips bemilih spion speda motor:

1. Biar penampilan motor lebih trendi, pilih spion dengan bentuk yang modis. Asalkan tidak mengganggu Anda dalam melihat bagian belakang motor (blank spot) dan tidak terhalang oleh lengan saat berkendara.

2. Fungsi lain dari spion itu juga sebagai batas patokan kemudi dengan kendaraan lain, jadi ada baiknya jika anda menggunakan spion yang tangkainya sedikit lebih panjang. Sehingga jika terjadi benturan, kaca spion lah yang terkena pertama ketimbang mengenai stang kemudi.

3. Agar pengelihatan Anda terhadap bagian belakang (blank spot) lebih luas, gunakan spion dengan model kacanya yang agak cembung (konvex mirror).

4. Jangan terlalu sering menjadikan kaca spion sebagai tempat menaruh helm ketika parkir, karena akan membuat kaca spion menjadi cepat longgar.


Demikian tipsnya dalam memilih kaca spion motor semoga menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang jual beli mobil seken
Baca Selengkapnya »»  

Bicara Belajar Motor Kopling

Mengendarai motor kopling memang tidak seperti motor biasa karena pengaturan kopling ada pada tangan anda alias manual jadi anda perlu hati hati dalam mengandarainya dan transmisi giginya tentu tidak sama dengan motor berkopling otomatis bagaimana cara mengendarainya ?, simak tips berikut ini:

1. Hidupkan mesin motor (starter).
2. Setelah mesin menyala, tarik kopling yang ada di sebelah kiri stang.
3. Masukkan perseneling ( injak gigi) kearah depan yang ada di bawah bagian kaki kiri. Perhatian nich, jangan pernah injak perseneling ketika kopling tidak di tarik.
4. Selanjutnya, lepaskan kopling dengan sangat pelan-pelan. Dan nantinya motor akan berjalan dengan pelan. Disini harus bisa mengatur kestabilan kopling. Jika tidak nantinya mesin motor akan mati. Apabila mesin motor mati, persenelig (gigi) harus di netralkan terlebih dahulu, lalu selanjutnya hidupkan mesin, dan tarik koplingnya dan masukkan perseneling ( gigi 1 ) kembali, lepaskan dengan sangat perlahan.
5. Kemudian untuk mengoper perseneling selanjutnya (gigi 2), tarik kopling dan injak perseneling kearah belakang. Setiap ingin menetralkan dari gigi 2 ke 1,  injak ke arah depan satu kali. Untuk menetralkan dari gig 3 ke 2, injak ke arah depan 2x. Biasanya untuk motor tiger ada 4 perseneling (gigi).

Demikian tipsnya dalam mengendarai motor kopling semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang harga mobil bekas dibawah 50 juta



Temukan artikel terkait:   Tips Memilih Kaca Spion Motor
Baca Selengkapnya »»  

Beberapa Cara Mensetting Motor Baru

Motor baru yang anda beli biasanya settingannya berbeda dengan settingan motor yang biasa anda gunakan bagaimana cara mensettingnya sesuai keinginan ?, berikut ada beberapa tips yang dapat anda lakukan:

1. Gas
Gas merupakan piranti yang vital bagi pengendara, dimana gas ini yang menentukan laju sebuah kendaraan, bila tidak nyaman maka akan mempengaruhi pengendara. Kasus yang sering terjadi adalah gas yang terlalu longgar atau terlalu banyak memutar, biasanya hal ini membuat pengendara menjadi kurang nyaman. Karena harus memutar gas lebih besar, dan hal ini juga bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros. Karena gas terlalu dalam dan membuat pengendara semakin sering membuka gas. Jadi segera diatur ulang setelan gas motor tersebut, cara mudah tinggal kendorkan mur di kabel gas dan sesuaikan dengan kemauan masing-masing.
2. Kopling
Kopling merupakan piranti untuk kemudahan dalam menyalurkan tenaga di rantai motor dan berhubungan dengan mekanisme pemindahan gigi. Kabel kopling biasanya terdapat pada motor yang koplingnya bersifat manual yaitu masih menggunakan mekanisme kabel dan dioperasikan oleh pengendara di stang. Untuk kenyamanan dan kemudahan pengendara sebaiknya kabel kopling ini segera distel atau disetting ulang sesuai dengan kemauan pengendara,biasanya ini juga berhubungan dengan jarak bebas kopling, ada yang suka ditarik penuh baru bebas dan ada juga yang ditarik sedikit baru bebas. Cara mensettingnya dalah ada dua cara yaitu dengan mur dan baut yang ada diatas kabel kopling atau setelan yang ada di bak kopling. Tinggal disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing
3. Tuas perseneling
Tuas ini yang berhubungan dengan pemindahan gigi, bila tidak pas tentu akan menggangu kenyamanan pengendara. apalagi pada model satu tuas, seperti yang ada di Honda tiger, Suzuki thunder dll. Dimana untuk mencungkil bila terlalu atas juga akan mengganggu pemindahan gigi dan sebaliknya juga bila terlalu rendah juga akan merepotkan untuk mencungkil tuas tersebut. Untuk mensetting cukup mudah yaitu dengan membuka baut tuas tersebut dan lepaskan tuas tersebut, kemudian pasan kembali tuas tersebut sesuai dengan posisi yang nyaman untuk pengendara.
4. Lampu
Lampu, lampu ini adalah lampu depan. Yaitu yang bertugas menerangi jalan sehingga pengendara bisa melihat jelas jalan yang dilalui. Bila lampu utama pas posisinya tentu ini sangat membantu pengendara. nah bila tidak pas, bisa terlalu jauh ataukah terlalu tinggi. Maka akan sangat menggangu pengendara maupun pengendara lainnya. Makalebih baik untuk segera mensetting lampu utama. Biasannya setting ini ada dise kitar batok lampu. Bisa dalam bentuk mur atau yang lain.
5. Shockbreaker
Piranti ini langsung behubungan dengan kenyamanan berkendara. Untuk shockbreaker yang bisa disetting, tidak semua motor dilengkapi dengan shockbreakers mempuyai setelan.sebagai contoh motor Honda new mega pro dan Yamaha byson. Untuk mengubahnya cukup menggunakan alat semacam tang untuk mengubah setelah shockbreakers. Seperti yang ada di Honda new megapro dan Yamaha byson, biasanya juga terdapat 3 setelan yaitu. Soft, medium dan hard.
6. Rem
Hal terakhir yang bisa distel adalah piranti rem, khususnya rem teromol. Kadangkala setelan rem dari pabrikan terlalu dalam sehingga memaksa pengendara untuk mengeluarkan energy lebih untuk mengerem dan kurang responsif. Atau bahkan sebaliknya rem terlalu keatas, atau terlalu responsive. Sehingga disenggol sedikit saja piranti ini langsung bekerja. Bahkan bisa mengunci, hal ini tentu berbahaya bagi pengendara dan orang lain. Lebih baik distel terlebih dahulu sesuai dengan kemauan pengendara. caranya adalah dengan memutar mur pada rem teromol tersebut.

Demikian tipsnya dalam mensetting motor baru semoga menambah pengetahuan anda temukan info menarik tentang kaskus jual beli mobil bekas


Temukan artikel terkait:   Tips Belajar Motor Kopling
Baca Selengkapnya »»  

Atur Settingan Lampu Depan Mobil

Lampu depan mobil terkadang sorot lampunya berubah sendiri karena guncangan atau hal lain bagaimana cara mensettingnya supaya pas sesuai yang kita inginkan ?, simak tipsnya berikut ini:

Sebelum menyetel sorot lampu depan perlu setidaknya kita tahu penyebab sorot headlamp mobil berubah:
1. Kemungkinan bohlam tidak duduk dengan benar pada tempatnya, jadi pastikan dulu bohlam h4 untuk headlamps sudah duduk dengan benar pada dudukannya. Biasa terjadi setelah mengganti bohlam untuk headlamps.
2. Penyebab lain karena getaran, reflektor terlepas dari baut untuk setelan Headlamp, untuk masalah ini biasa nya sorot lampu depan susah atau tidak bisa untuk di setel.
Kalau terbiasa stel headlamp tidak di perlukan cara yang ribet karena sorot headlamps sendiri memiliki batas atas, jadi batas sorot lampu headlamps tersebut yang kita manfaatkan.

Yang perlu kita tahu adalah bagian pada headlamp yang berfungsi untuk menyetel tinggi rendah dan kiri-kanan sorot lampu headlamps. Lihat gambar di samping dan bandingkan dengan gambar paling atas terdapat perbedaan tempat dan fungsi baut setelan head lamp.

Cara Setting Headlamps Dengan Mudah adalah ambil tempat rata dengan jarak pandang cukup jauh ke depan, nyalakan lampu depan kemudian setel pengatur sorot headlamp.

Mengatur sorot Headlamp bisa dengan obeng atau kunci atau pun cukup dengan tangan karena setelan biasanya cukup dengan tenaga dari tangan untuk beberapa tipe dan merek mobil. Pastikan pada sorot lampu terjauh untuk lampu bawah tidak melebihi ketinggian lampu mobil.

Cara yang lain untuk menyetel atau setting headlamp adalah menggunakan media papan atau tembok. Buat jarak minimal antara headlamp dengan tembok berjarak 10 meter dan tentu saja sebaiknya dilakukan di malam hari.

Berikut cara seting headlamp dengan media tembok:
    Dekatkan mobil ke tembok dan buat tanda garis sesuai ketinggian lampu.
    Mundurkan mobil dan atur ketinggian sorot lampu dengan mengubah setelan di head lamp sampai sinarnya sejajar dengan garis yang sudah dibuat di tembok.
    Untuk mobil di Indonesia dengan setir di kanan, arahkan sorotan lampu ke sisi kiri. Tujuannya agar sinar dapat menerangi sisi kiri jalan, seperti trotoar atau batas aspal.
Demikian tipsnya dalam mensetting lampu depan mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang jual beli mobil bekas tokobagus



Temukan artikel terkait:   Tips Setting Rem Cakram Motor
Baca Selengkapnya »»  

Pengetahuan Setting Rem Cakram Motor

Rem cakram motor yang anda gunakan agar nyaman saat di gunakan perlu di setting dengan baik agar berfungsi sebagaimana mestinya berikut ada beberapa tips untuk ada:

Cara cepat buang angin palsu pada rem motor sistem hidrolik.
Peralatan:
1. Siapkan oli dot3/dot4 untuk menambah
2. Selang kecil
3. Obeng
4. Kunci untuk buka-tutup nozel
Caranya:
1. Buka nozel beberapa putaran saja
2. Masukan selang ke mulut nozel
3. Buka penutup master rem
4. Oli+gelembung (angin palsu) akan keluar dari nozel melalui selang,kalo lama sedot saja nanti juga keluar ( ini salah 1 cara cepat
     mendapatkan hasil yg maksimal)
5. Kalo udah ga keliatan gelembung tutup nozel
6. Masukan kembali oli ke master rem,bila perlu tambah sampai batas oli
7. Tutup kembali master rem
8. Rebes deh.
Selamat mencoba.


Demikian cara mensetting rem cakram motor semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang jual beli mobil bekas kredit



Temukan artikel terkait:   Tips Mensetting Motor Baru
Baca Selengkapnya »»  

Saran Memodif Motor Vega R



Motor vega r Yamaha memang cukup mudah untuk di modifikasi menjadi motor racing asalkan anda kreatif dalam menuangkan ide ide brilian pastinya anda akan dapat kan hasil modifikasi sesuai imajinasi anda berikut cara memodifikasinya:

Untuk memodifikasi motor, hal yang pertama dilakukan adalah Anda perlu memfokuskan pada rancangan awal bagaimana Modifikasi motor ang diinginkan agar tidak ada penyesalan karena hasil yang kurang puas sedangkan sudah merogok kocek lebih dalam.
Setelah Anda yakin dengan rancangan (desain) yang Anda inginkan, sesuaikan budget yang akan dikeluarkan untuk modifikasi motor. Cari sebanyak-banyaknya informasi terlebih dahulu berapa harga yang dibutuhkan untuk proyek modifikasi motor, yang Anda rencanakan ini, mulai dari spare part sampai ongkos jasa sang modifikator.
Kemudian, sebelum berbelanja buatlah daftar spare part yang akan Anda beli untuk modifikasi motor. Bila perlu buat catatan semua keperluan, kemudian catat pula barang apa yang sudah dibeli agar tidak membeli dua kali.
Ingat, jika anda akan mengganti cat motor, terlebih dahulu harus dilakukan pengikisan cat. Yang biasa dilakukan adalah dengan metode blasting yang membuat motor kembali ke warna asal yaitu abu-abu. Setelah pengikisan selesai, saatnya menghubungi tukang cat berpengalaman dan mulai memilih warna.
Jika Anda menginginkan modifikasi motor pada mesin, rem, suspensi, dan ban, cari tipe dan jenis yang cocok dengan pilihan Anda, agar komponen-komponen tersebut tahan lama. Mesin adalah bagian paling penting dan mahal. Pastikan memilih mesin sesuai dengan apa yang anda desain sebelumnya.
Dalam desain interior dan eksterior, mungkin hal ini yang paling menarik perhatian orang, oleh karena itu pilihlah warna dan teknik sapuan yang tepat, dengan demikian tampilan motor anda punya kesan unik dan spesial.
Cari komunitas modifikasi motor dan bergabung dengan komunitas itu, jika Anda memang hobby memodifikasi motor, dengan itu Anda bisa lebih bisa bertukar fikiran dalam hal modifikasi motor dan membandingkan hasil dari modifikasi-modifikasi yang lain.

Demikian langkah memodifikasi motor vega r yang anda miliki semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang motor plus
Baca Selengkapnya »»  

Pengetahuan Memperbaiki Kebocoran Rem Mobil

Kebocoran rem bisa terjadi karena banyak hal bisa saja terjadi karena tabung minyak rem yang sudah rapuh atau karena hal lain, namun anda tak perlu khawatir berikut cara memperbaikinya:

1. Memperbaiki kembali kaliper
Gunakan peralatan untuk memperbaiki kinerja rem atau dengan membeli kaliper yang baru. Mengganti kaliper baru sebagai pilihan yang lebih ekonomis untuk Anda. Gunakan kunci pas untuk melepas baut rem.
Lakukan hal yang sama dengan besi dan garis pada karet rem. Atur udara keluar masuk pada piston agar selalu rendah, kemudian tambahkan pelumas pada kaliper. Ganti kaliper dan beri garis untuk posisi baut sebelumnya. Pastikan sistem udara sesuai dengan posisi kaliper.

2. Ubah silinder roda
Buka tutup roda dan ban setelah melepas semua baut yang ada. Jika terlihat karat, olesi oli pada bagian karat tersebut. Turunkan sepatu rem dan gunakan obeng untuk melepas tromol rem, dan periksa sepatu rem.
Ganti sepatu rem bila ditemukan lumuran cairan. Hapus garis rem yang menempel dengan vakum untuk selang. Kendurkan baut roda silinder pada plat di bagian belakang. Pasang silinder roda baru untuk posisi pengereman yang baru. Tandai dan kencangkan sekrup.

3. Ubah posisi selang atau garis rem
Hapus garis rem lama dan selang sebelumnya. Pasang garis rem baru pada kaliper dan silinder utama serta keluarkan sistem udara sebelumnya.

4. Masukkan silinder utama yang baru
Cari silinder utama. Lepaskan tutup dan kemudian berikan cairan rem baru silinder utama. Lepaskan silinder utama dari semua bagian rem dan konektor listrik. Gunakan kunci soket untuk melonggarkan dan menghapus jejak baut sebelumnya. Ganti silinder utama lama dengan yang baru, kemudian kencangkan kembali bautnya. Buat koneksi serupa dengan mengatur sistem asupan udara.

Demikian cara memberbaiki kebocoran rem pada rem cakram semoga menambah pengetahuananda temukan info menarik tentang jual beli mobil bekas berniaga



Temukan artikel terkait:  Tips Menyetting Lambu Depan Mobil
Baca Selengkapnya »»  

Kiat Modif Motor Bebek Tua


Motor bebek yang sudah lama dan umurnya cukup tua jaman bapak kita dulu mungkin sudah tidak terawat lagi tapi apa bila kita beikan sentuhan untuk memperbaikinya tentunya bisa menjadi barang antik yang bernilai tinggi bagaimana cara memodifikasi motor bebek tua tersebut?, simak langkah berikut:

Langkah pertama pastilah beli poros katup ( camsaft ). Sesudah itu kepala silinder dibawa ke tukang bubut ( bengkel ) buat memperbesar lubang, sesuai dengan besarnya bantalan beroda milik revo tadi.

Jikalau dapat lubang tempat bantalan yang baru dipasang juga pelindung dari metal tembaga. Ini jikalau ada. Bila tidak, dapat dibantu dengan penambahan oil treatment jadi pelindung keausan. Dapat dibeli di toko onderdil atau penjual oli.

Dengan kontruksi baru ini, motor honda jenis lama milik anda telah sama juga dengan revo. Akselerasi yang dihasilkan pun jadi cepat. Begitupun kecepatan maksimalnya. Terlebih jikalau setting ( penyetelan ) pengapian dan bahan bakar sempurna.

Kurangi lagi beban mesin agar rpm dapat meningkat. Caranya, crankshaft ( poros engkol ), komponen penggerak sangat berat di mesin ini dibor bagian lingkar penyeimbangan. Tiga lubang setiap lingkaran, jadi ada enam. Namun janganlah lupa menyeimbangkan kembali di tukang bengkel agar seimbang dan tidak menyebabkan getaran mesin yang mengganggu.

Putaran mesin yang makin mudah ini sesuai dengan suplai bahan bakar agar tidak tekor pada putaran tinggi. Alternatif pilihan ada dua, dengan penggantian karburator. Dapat digunakan mempunyai honda 90z atau honda bebek 90 cc. Sama juga. Tambahkan lagi dengan perangkat boost bottle pada intake manifold dan karburator. Komponen berbentuk tabung alumunium ini dapat dibeli di toko, yang buatan lokal juga bisa. Fungsinya mempercepat akselerasi, mengikuti sistem yeis yang dibanggakan yamaha. Apalagi semua motocross telah gunakan layaknya ini.

Modifikasi yang ideal, pastilah mesti sesuai dengan medan. Terlebih pemakaian gear yang mereduksi tenaga mesin agar efektif. Sebab bila salah perhitungan akan berakibat sebaliknya. Motor jadi jadi tidak dapat lari.

Untuk medan keras di balap motocross, dapat dipilih gabungan gear depan berukuran 13 dengan 45 dibagian belakang. Gabungan ini menghasilkan akselerasi cepat dengan sedikit mengorbankan kecepatan maksimum.

Jalur biasa di jalur raya, dipilih baiknya gabungan 13 dengan 32 di belakang. Walau tarikan agak lamban, tiap-tiap gigi percepatan dapat panjang samapi didapat putaran rpm maksimum. Bermakna kecepatan maksimalnya makin tinggi.

Semua modifikasi ini yang meliputi penggantian poros katup, pengurangan bobot crankshaft, suplai bahan bakar plus tambahan boost bottle dan reduksi tenaga yang sempurna. Jadinya honda bebek jenis lama yang tambah lebih kencang daripada aslinya.

Demikian langkah memodifikasi motor bebek tuanya semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang gambar modifikasi motor



Temukan artikel terkait:  Tips Memodif Motor Vega R
Baca Selengkapnya »»