Halaman

Suatu Bagian Gardan Mobil



Tahukah anda soal gardan mobil ?, gardan adalah bagian yang tak terpisahkan dari mobil letaknya ada di gagian bawah ditengah dan dekat poros roda, namun apa saja yang terdapat di dalam gardan mobil ?, simak memaparannya berikut ini:

1. Rel Axle Housing, bagian ini dapat dikatakan sebagai tumpuan berat muatan mobil, karena letaknya dibagian roda belakang, khususnya pada mobil muatan atau minibus.

2. Gasket. Bagian yang digunakan untuk menghambat kebocoran oli gardan bagian ini juga penting. Kalau bocor akan mengakibatkan pelumasan pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusakan pada gigi gardan

3. Differential Carrier. Gigi differential dipasang pada bagian ini. Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini delepaskan dari differential housing.

4. Differential RIng gear dan drive pinion gear kit. Dinamakan kit karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti bagian bagian ini.

5. Bagian dari differentian carrier ini untuk memancing salah sisi dari bearing ring gear.

6. Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus diganti kalau waktu membongkar tampak ada titik titik hitam atau sudah berwarna kehitaman.

7. Oil Seal yang terletak di bagian ujung dari differential housing ini berfungsi mencegah agar oli tidak habis. Kalau ANda menemukan di sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera mengganti seal baru.

8.Universal joint Flange ini adalah bagian yang meneruskan putaran propeler shaft differential disamping itu ia juga berfungsi sebagai penyumbat agar oli tidak keluar.

9. Differential pinion atau montir menyebutnya gigi satelit. Gigi ini yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda kiri dan kanan bisa saling menyesuaikan diri.

10. Mur pengancing drive shaft ini sering kurang diperhatikan. Tidak terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan baik terutama pada mobil muatan.

Demikian pembahasannya soal bagian gardan mobil semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang rental mobil
Baca Selengkapnya »»  

Cara Terbaik Mensetting Karburator Mobil



Karburator mobil memang perlu disetting agar fungsinya berjalan dengan baik setelah pemakaian satu bulan pastinya mobil perlu di service dan yang paling sering disorot adalah karburatornya pastinya perlu di bersihkan dan disetting kembali bagaimana cara mensettingnya ?, simak tips berikut ini:

1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
2. Sekerup RPM mesin diturunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja.
3. Sekarang mulaid engan menyetel sekrup idle (campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik.
4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setelah sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.
6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan

Demikian tipsnya dalam mensetting karburator mobil semoga menambah wawasan anda temukan info menarik tentang sewa kendaraan



Temukan artikel terkait:    Tips Menambah Tenaga Mesin Mobil
Baca Selengkapnya »»  

Trik Jitu Menambah Tenaga Mesin Mobil



Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tenaga mesin mobil bagaimana cara meningkatkan tenaganya yang efektif agar tisak ada problem ?, simak tips berikut ini:

Anda bisa melakukannya dengan memasang turbocharger atau supercharger,memodifikasi kepala (header) dan ujung (muffler) knalpot, hingga modifikasi saluran udara (air intake) mesin. Namun, yang paling sering dan dinilai memberikan tambahan tenaga paling besar adalah langkah pertama dan kedua. Pengalaman selama ini, menunjukkan pemasangan turbo atau supercharger mampu meningkatkan tenaga mobil hingga 50 persen, sedangkan modifikasi disaluran buang atau knalpot 15 persen, Memang masing-masing memiliki kerumitan, dan biaya yang mahal. Karena itu perlu kecermatan dan ketepatan memilih. Lantas bagaimana untuk mendapatkan hasil yang ideal? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Berikut tips untuk anda :

1. Turbocharger
Peranti ini tak ubahnya seperti pompa yang menambah tenaga piston mesin denganmemberi tekanan udara lebih besar ke dalam setiap silinder. Sehingga proses pembakaranbahan bakar di ruang bakar mesin berlangsung cepat dan sempurna.Turbocharger memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekuranganyaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat jeda waktu ketika pedal gas ditekan hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin. Biasanya orang menyebut, turbocharger payah saat diputaran mesin rendah. Memang, pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil dan multi katup, sehingga meski ditekanan udara rendah sudah bereaksi
2. Supercharger
Mekanisme kerja suoercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, kelebihansupercharger adalah tersedianya tenaga seketika atau instan pada putaran mesin rendah.Walhasil, kesenjangan atau jeda waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udarake silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. Peranti itu langsungmenghasilkan tekanan udara saat mesin dihidupkan.Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaranmesin rendah maupun tinggi.
3. Lengkapi dengan intercooler
Satu hal yang patut dicatat, kerja turbocharger maupun supercharger akan jauh lebihsempurna manakala udara yang dipasok melalui air intake ke ruang bakar jugamengandung banyak oksigen. Logikanya sederhana, hukum alam memastikan bahwa proses pembakaranmembutuhkan oksigen. Makin banyak oksigen makin sempurna. Pada sisi lain, berkat dorongan turbocharger maupun supercharger kerja piston yangmendorong udara begitu cepat, sehingga udara segar yang disemburkan ke ruang bakar tak jarang minim oksigen. Lantaran itulah, perlu penyegaran udara.Proses penyegaran itu bisa dilakukan manakala pemasangan turbo atau supercharger jugadilengkapi intercooler. Peranti ini banyak di jual di toko onderdil. Secara teoripenggunaan peranti itu mampu memberikan tambahan tenaga ke mesin 10 – 15 persen.
4. Pilih knalpot sesuai dengan mesin
Cara yang paling murah dan mudah untuk meningkatkan tenaga mesin adalah denganmodifikasi di saluran buang. Prinsip kerja dari bagian mobil yang dimodifikasi itu adalah mengelola secara tepat gas sisa pembakaran.Knalpot yang baik adalah knalpot yang dapat memberikan tekanan balik yang tepatsehingga menghasilkan tenaga yang optimal. Disinilah perlunya memilih knalpot yangbaik dengan memperhatikan header (kepala knalpot yang langsung berhubungan denganlubang blok mesin), resonator, dan muffler belakang, Namun, pilihan itu harus disesuaikan dengan mesin. Secara umum mobil bermesin empatsilinder, menggunakan header konfigurasi 4- 2-1. atau 4-1, dengan pipa berdiameter 2inci.Artinya, header tersebut menggunakan empat saluran untuk menyalurkan gas buangpembakaran mesin, kemudian disalurkan ke dua saluran di badan knalpot, dan terakhir satu saluran di mulut knalpot.

Demikian tipsnya dalam meningkatkan tenaga mobil agar efektif dan efisien semoga menambah wawasan anda temukan info menarik tentang sewa mobil bulanan
Baca Selengkapnya »»  

Ngomongin Ketentuan GPS Untuk Mobil



Pemakaian GPS pada mobil saat anda perjalanan jauh sangat bermanfaat sekali untuk mempermudah anda dalam menunjukan peta lokasi yang anda tuju, bagaimana cara memilih GPS yang bagus ?, simak tips berikut ini:

Periksa peta apa saja yang sudah diinstall, bagaimana kualitasnya, apakah mencangkup seluruh wilayah, seperti jalan kecil sebagai alternatif jika ternyata kemacetan di jalan utama. Jangan lupakan juga kemudahan update.

Teknologi GPS tidak menggunakan koneksi layanan data, tetapi mencari sinyal satelit. Pastikan perangkat yang dimiliki sensitif menangkap sinyal, jangan sampai GPS sudah menerima sinyal satelit setelah terpasang di dashboard mobil Anda.

GPS sedikitnya membutuhkan tiga satelit untuk mendapatkan posisi. Biasanya kaca film mempengaruhi daya tangkap GPS terhadap satelit. Sebenarnya hal ini bisa diantisipasi dengan menambah eksternal antena, atau mencari kaca film dengan bahan non metal.

Ukuran lebar layar menentukan detail dan cakupan peta yang ditampilkan dalam layar GPS, semakin besar tentunya informasi yang ditampilkan akan semakin jelas dan memudahkan Anda untuk melihatnya di saat sedang mengemudi.

Ukuran layar GPS biasanya terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari 3,5 inci, 4,3 inci, 5 inci, hingga terbesar 7 inci. Cek juga resoluasi warna layar karena akan berpengaruh pada tingkat kecerahan.

GPS dengan resolusi yang bagus tetap terlihat jelas walaupun terkena sinar matahari yang terang. Kelemahan GPS murah biasanya resolusi layarnya kurang bagus, silau kalau kena sinar matahari, sehingga pengguna sulit melihat apa yang ada di layar.

Perangkat yang bagus tidak hanya dilihat dari keterbaruan teknologi, tetapi seberapa mudah teknologi tersebut bisa Anda gunakan. Paduan suara atau voice guidance akan sangat membantu dalam bernavigasi menggunakan GPS, sehingga pengguna tidak perlu repot terus melihat layar GPS.

Periksa juga ketahanan baterai perangkat dan fitur lainnya. Saat ini banyak fitur ditanamkan dalam perangkat GPS, mulai dari mp3 player, game, movie player, kamera, hingga TV analog. Fitur tersebut digunakan saat fungsi GPS sedang tidak dipakai.

Demikian tipsnya dalam memilih GPS mobil yang tepat semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang sewa mobil depok



Temukan artikel terkait:    Tips Perawatan Busi Mobil
Baca Selengkapnya »»  

Bicara Perawatan Busi Mobil



Busi adalah sumber terjadinya proses pembakaran bahan bakar dimobil, agar mesin mobil bisa dijalankan kalau busi mobil soak tentunya mesin mobil tidak bisa dihidupkan, bagaimana cara merawat busi mobil?, simak tipsnya berikut ini:

1. Mesin kendaraan disebut masih normal jika ujung insulator dan elektrode busi berwarna abu-abu terang atau coklat kemerah-merahan. Ini menunjukkan kondisi dan setting mesin serta waktu pengapian dalam keadaan prima, dan masih sesuai dengan keadaan pabrik.

2. Kalau Anda melihat ujung insulator, elektrode dan busi tertutup dengan jelaga hitam, sisa pembakaran yang kering namun lembut, sebaiknya Anda lekas memeriksa stelan atau injeksi, mekanisme cuk, saringan udara, kalau perlu mengganti busi yang sesuai, karena kemungkinan besar ada yang kurang pas pada bagian-bagian tersebut. Bukan apa-apa, gangguan pada komponen-komponen tadi akan menyebabkan asap knalpot mobil menjadin hitam, bensin boros, serta sukarnya start saat mesin sedang dingin.

3. Pernahkah Anda mengalami mesin mobil tersendat dan lambat berakselerasi saat kendaraan bermuatan penuh, atau knalpot meledak-ledak karena bahan bakar tidak terbakar habis (misfiring)? Kalau ya, periksalah busi Anda, pasti ujung insulatornya tampak berwarna kuning agak coklat muda dan terkadang muncul warna hijau agak basah. Ini menunjukkan bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air, atau pemakaian aditif yang kurang cocok.

Demikian tipsnya dalam merawat busi mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang penyewaan mobil



Temukan artikel terkait:   Cerita Bagian Gardan Mobil
Baca Selengkapnya »»  

Belajar Perbaiki Tangki Bensin Mobil Yang Bocor



Tangki bahan bakar yang bocor bisa di sebabkan karena bermacam hal yang pasti adalah terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar mobil anda bagaimana cara memperbaikinya ?, simak tips berikut ini:

Bahan :
1. Lem Alteco
2. Lem Besi
3. Pasir
4. Bubuk Kopi

Cara :
1. Bersihkan permukaan tangki yang akan ditambal dari kotoran.
2. Campur pasir dan bubuk kopi menjadi satu. (NB: bubuk kopi dan pasir secukupnya saja.)
3. Oleskan lem alteco di permukaan tangki yang bocor. Gunakan alat bantu agar lem tidak terkena tangan.
4. Sebelum lem kering, taruh campuran bubuk kopi dan pasir di atas lem. Tunggu hingga benar – benar kering dan keras.
5. Setelah kering dan keras, lapisi dengan lem besi agar tambalan semakin kuat.

Demikian tipsnya semoga menambah pengetahuan anda dalam memperbaiki tangki bahan bakar mobil yang bocor, temukan info menarik tentang harga rental mobil jakarta



Temukan artikel terkait:   Tips Mencari GPS Terbaik Untuk Mobil
Baca Selengkapnya »»